Halo : Combat Evolved

Halo: Combat Evolved (sering disebut hanya sebagai Halo) adalah penembak orang pertama permainan video yang dikembangkan oleh Bungie dan diterbitkan oleh Microsoft Game Studios. Pertandingan pertama dari franchise Halo, itu dirilis pada tanggal 15 November 2001 sebagai judul peluncuran untuk sistem game Xbox, dan dianggap sebagai platform "killer app". Dengan lebih dari lima juta kopi terjual di seluruh dunia sebagai tanggal 9 November 2005, [9] Microsoft merilis versi game untuk Microsoft Windows (porting oleh Software Gearbox) dan Mac OS X pada tahun 2003, dan alur cerita sekitarnya diadaptasi dan dijabarkan ke dalam seri novel dan buku komik. Permainan ini kemudian dirilis sebagai sebuah Xbox Original untuk download ke sebuah Xbox 360 HDD.
Halo diatur dalam abad ke dua puluh enam, dengan pemain mengambil peran Master Chief, seorang cybernetically ditingkatkan super prajurit. Pemain disertai dengan Cortana, sebuah kecerdasan buatan yang menempati antarmuka saraf Kepala Guru. Pemain pertempuran alien berbagai kaki dan kendaraan karena mereka berusaha untuk mengungkap rahasia Halo eponymous, cincin berbentuk dunia buatan. Permainan telah disebut "mudah untuk belajar", dan telah dipuji karena "cerita menarik" nya.
Majalah permainan Banyak memuji Halo sebagai salah satu permainan terbaik dan paling penting sepanjang masa. Popularitas game telah menyebabkan label seperti "clone Halo" dan "pembunuh Halo", diterapkan masing-masing untuk game baik yang sama atau diantisipasi lebih baik daripada itu. Selain itu, permainan terinspirasi dan digunakan dalam seri video yang dibuat kipas-Merah vs Biru, yang dikreditkan sebagai "sukses besar pertama" dari machinima (teknik menggunakan real-time 3D mesin, sering dari video game, untuk membuat film animasi). Sebuah prequel game dan judul Halo terakhir yang Bungie, Halo: Reach, dirilis pada tanggal 14 September 2010. Sebuah remake dari game, Halo: Combat Evolved Anniversary, sedang dikembangkan.

Master Chief
Master Chief Bintara John-117, sering disebut sebagai Master Chief, adalah protagonis dan karakter dimainkan utama dalam trilogi Halo. Karakter disuarakan oleh Chicago disc jockey Steve Downes. Salah satu yang terakhir dari SPARTAN-II supersoldiers masih dalam pelayanan aktif (salah satu yang selamat beberapa Kejatuhan Jangkauan), Master Chief mengilhami kekaguman dan ketakutan dalam Kovenan asing, yang melihatnya sebagai setan. Dibantu oleh Cortana kecerdasan buatan, ia mencegah penembakan Instalasi 04 dalam Halo: Combat Evolved, sebuah peristiwa yang pemain mengatakan akan menghancurkan seluruh kehidupan di galaksi hidup. Bungie anggota staf Joseph Staten mencatat bahwa sampai Master Chief diciptakan, Bungie tidak membayar perhatian untuk bagaimana membuat orang ingin bermain di dunia. "Master Chief adalah benar-benar apa yang dimulai kreativitas," katanya, "dalam hal bagaimana orang bereaksi kepadanya Dia laut ruang dalam baju hijau benar-benar keren.." Karakter sejak itu telah menjadi ikon game, maskot dari Xbox, dan dinilai sebagai salah satu karakter video game terbesar sepanjang masa oleh Electronic Gaming Monthly.