Asterix & Obelix XXL

A and O XXL.jpg
Asterix & Obelix XXL adalah petualangan aksi permainan video dirilis pada tahun 2004. Hal ini didasarkan pada komik Asterix seri buku Prancis, tentang Asterix prajurit Perancis pada tahun 50BC, saat ia pertempuran Romawi. Permainan ini dirilis di Amerika Serikat (meskipun hanya di PlayStation 2) di bawah nama Asterix & Obelix: Jurus Buttix.

Cerita
Suatu hari biasa di desa, Asterix, Obelix dan Dogmatix berangkat ke hutan untuk berburu celeng. Ketika mereka berjalan, badai mulai minuman, dan sebuah pohon di dekatnya disambar petir. Dogmatix merasa takut, dan lari. Sementara mereka mencari dia, Asterix dan Obelix melihat nyala api di kejauhan. Asterix bergegas pergi untuk menyelidiki, sementara Obelix tetap dan mencari Dogmatix. Setelah tiba di tempat kejadian, Asterix bertemu dengan agen rahasia Romawi, sebelumnya dalam pelayanan Caesar. Dia marah karena telah dipecat, dan setuju untuk membantu Asterix dan Obelix menggagalkan rencana Roma. Asterix memasuki desa untuk menemukannya terbakar dan penuh Roma. Dia cepat-cepat mengalahkan mereka, dan membuat jalan melalui pedesaan Perancis ke puncak bukit dengan laut. Di sana, ia bertemu dengan Obelix, yang mengatakan kepadanya bahwa Dogmatix masih tak bisa ditemukan. Mereka belajar dari agen Romawi yang sesama penduduk desa mereka telah diculik oleh orang Romawi. Asterix dan Obelix kemudian ikuti dia ke dermaga, di mana ia menunjukkan dua tongkang jauh di kejauhan, dan menyebutkan bahwa teman-teman mereka mungkin sedang ditahan di atas kapal mereka. Lebih jauh menyusuri jalan setapak, agen rahasia menemukan Dogmatix, dan hewan peliharaan kesayangan Obelix yang bergabung duo di Romawi-bashing mereka antics. Asterix dan Obelix kemudian melawan lebih banyak tentara Romawi banyak, membajak melalui jalan negara. Setelah akhirnya mengalahkan semua prajurit, dua menemukan gerobak bergembok di ujung jalan. Obelix istirahat membuka pintu, dan Druid desa, Getafix, clambers keluar. Dia menjelaskan kepada mereka bahwa saat dia dikurung, ia mendengar rencana Caesar untuk mengirim desa Perancis ke bagian yang berbeda dari Kekaisaran Romawi. Lokasi mereka terukir peta marmer putih, yang hancur Caesar setelah menunjukkan kepada tentara-Nya. Jadi, Getafix kembali ke desa, dan Asterix, Obelix dan Dogmatix berangkat ke lokasi pertama untuk membebaskan sesama penduduk desa mereka dari cengkeraman Romawi.
Gameplay
Gameplay melibatkan menyelamatkan penduduk desa sementara memecahkan teka-teki berbagai besar dan mengalahkan massa romawi. Pemain secara otomatis beralih antara Asterix dan Obelix tergantung pada situasi, baik dengan sedikit perbedaan, seperti kecepatan atau kekuatan. Satu-satunya perbedaan yang signifikan adalah kemampuan untuk menghancurkan Obelix peti besi tanpa ramuan ajaib, dan kemampuannya untuk mendorong dan tarik platform lebih besar dari Asterix. Banyak teka-teki melibatkan penggunaan obor dapat digunakan kembali khusus yang hanya dapat membawa Asterix, dan platform geser dipandu oleh tali, baik yang terjadi di setiap provinsi Kekaisaran Romawi.
Pemain dapat menukarkan helm dikumpulkan dari Roma dikalahkan. Helm ini dapat digunakan untuk membeli power-up, seperti kesehatan tambahan dan kombinasi serangan baru dari seorang pedagang keliling di setiap provinsi. Ada dua jenis helm: 'helm (senilai 1 helm) dan perwira emas' dengusan helm biasa (helm senilai 10). Yang terakhir ini biasanya diperoleh dari peti besi, atau menurun tinggi peringkat musuh, seperti komandan dan gladiator. Pemain juga dapat mengambil labu ramuan ajaib, yang ditemukan secara teratur. Ini hanya dapat dikonsumsi oleh Asterix, dan digunakan segera saat dikumpulkan. Setelah mengkonsumsi ramuan, pemain menjadi jauh lebih kuat untuk waktu yang sangat terbatas. Ramuan ini memungkinkan untuk mengalahkan Roma Asterix dalam hit single, dan berjalan lebih cepat. Selain itu, mereka memungkinkan pemain untuk melakukan lompat ganda dan peti menghancurkan besi. Jika mengkonsumsi ramuan Asterix lain saat sudah di bawah pengaruh dari sebelumnya, ia akan menghasilkan gelombang kejut yang sangat besar yang menyebabkan semua musuh di dekatnya untuk menjatuhkan senjata mereka.
Memerangi dilakukan oleh bashing Roma dengan tangan kosong. Para mendengus biasa yang paling mudah untuk mengalahkan, dengan kelas yang lebih kuat banyak musuh. Setelah memukul, musuh-musuh tertentu akan tetap bingung selama beberapa saat, di mana beberapa titik dari mereka dapat mengangkat dan mengayunkan sekitar kepala seperti laso, merusak semua musuh lain di sekitarnya, dan melanggar peti di dekatnya. Dogmatix juga dapat dikirim selama pertempuran. Dia akan menggigit tentara musuh, menyebabkan mereka untuk menjatuhkan senjata mereka dan membuat mereka mudah rentan terhadap serangan.
Di setiap provinsi, para pahlawan akan menghadapi agen Romawi, yang akan memberikan mereka dengan informasi yang berguna pada mesin operasi dan membawa mereka up to date pada rencana Roma 'terbaru. Pada akhir setiap provinsi (dengan pengecualian dari Galia), ada melawan bos. Para bos yang selalu mesin besar perang, dioperasikan oleh beberapa Roma. Setelah mesin hancur, penduduk desa tawanan dibebaskan, dan mereka memberikan Asterix dan Obelix dengan bagian lain dari peta marmer, yang memungkinkan mereka untuk melanjutkan dan menyelamatkan penduduk desa lainnya. Setiap provinsi (dengan pengecualian dari Galia dan Romawi) berisi musuh yang unik asli daerah itu. Pemain dapat mengunjungi daerah-daerah sebelumnya dalam rangka untuk mengumpulkan helm lebih, atau untuk menemukan Pramunita lebih Emas.
Sepanjang permainan, pemain dapat menemukan karangan bunga laurel Emas, dapat diakses di bawah kondisi yang berbeda, beberapa sederhana seperti menjemput mereka, sementara yang lain diperoleh dengan teka-teki yang kompleks atau memenuhi berbagai kondisi. Para karangan bunga laurel ketika dikumpulkan memungkinkan pemain untuk membuka bonus tersembunyi, seperti pakaian baru, murni untuk efek kosmetik.
Transportasi dalam permainan dipenuhi oleh cara terlempar. Pada titik yang berbeda di suatu daerah, pemain dapat menemukan ketapel, yang bila digunakan akan mengirim pemain ke lokasi berikutnya dekat seketika.